Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi strategi pemasaran yang dilakukan oleh UMKM Wingko Dapur Fira Lamongan dalam meningkatkan daya saing usahanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Strength, Weakness, Opportunity and Threat (SWOT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh UMKM Wingko Dapur Fira Lamongan melibatkan bauran pemasaran yang mencakup elemen produk, harga, tempat/distribusi dan promosi. Berdasarkan hasil analisis SWOT, strategi yang direkomendasikan untuk meningkatkan daya saing adalah pemanfaatan media sosial dan digital marketing untuk memperluas jangkauan pasar, fokus pada niche market untuk memperkuat posisi di pasar yang spesifik, kolaborasi kemitraan dengan pihak lain untuk meningkatkan kapasitas dan jaringan, inovasi produk berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan konsumen, serta pelatihan untuk pengembangan kapasitas sumber daya manusia. Kontribusi penelitian ini memberikan wawasan praktis bagi UMKM Wingko Dapur Fira Lamongan dalam merumuskan strategi pemasaran yang lebih efektif serta memberi rekomendasi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan daya saing di pasar yang kompetitif.
Copyrights © 2023