Melati: Jurnal Media Komunikasi Ilmu Ekonomi
Vol 40 No 2 (2023): MELATI: Jurnal Media Komunikasi Ilmu Ekonomi Desember 2023

Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM

Majid, Abdul (Unknown)
Nur Faizah, Erna (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi strategi pemasaran yang dilakukan oleh UMKM Wingko Dapur Fira Lamongan dalam meningkatkan daya saing usahanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Strength, Weakness, Opportunity and Threat (SWOT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh UMKM Wingko Dapur Fira Lamongan melibatkan bauran pemasaran yang mencakup elemen produk, harga, tempat/distribusi dan promosi. Berdasarkan hasil analisis SWOT, strategi yang direkomendasikan untuk meningkatkan daya saing adalah pemanfaatan media sosial dan digital marketing untuk memperluas jangkauan pasar, fokus pada niche market untuk memperkuat posisi di pasar yang spesifik, kolaborasi kemitraan dengan pihak lain untuk meningkatkan kapasitas dan jaringan, inovasi produk berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan konsumen, serta pelatihan untuk pengembangan kapasitas sumber daya manusia. Kontribusi penelitian ini memberikan wawasan praktis bagi UMKM Wingko Dapur Fira Lamongan dalam merumuskan strategi pemasaran yang lebih efektif  serta memberi rekomendasi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan daya saing di pasar yang kompetitif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

melati

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

MELATI: Jurnal Media Komunikasi Ilmu Ekonomi dengan nomor registrasi ISSN 2808-8662 (Online) dan ISSN 1979-9101 (Cetak), merupakan jurnal peer-review yang diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut ...