Jurnal HPJI (Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia)
Vol. 10 No. 2 (2024)

KERUSAKAN RUAS JALAN BANGGOI–BULA KABUPATEN SERAM BAGIAN TIMUR

Siahaya, Vera Th. C. (Unknown)
Tuanakotta, Abraham (Unknown)
Hunihua, Clovdia Giovani (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2024

Abstract

Abstract The condition of the Banggoi-Bula Road, in Eastern Seram Regency, is experiencing sinking damage, longitu-dinal cracks, and crocodile cracks. The aim of this research is to analyze the type and level of damage, design culverts, and determine the thickness of the pavement on the Banggoi-Bula Road Section. Determining the type of damage was carried out using the Pavement Condition Index method, culvert design using hydrological analysis, while determining the thickness of flexible pavement was carried out using the Pavement Design Manual 2017 method. After reviewing the condition of the road pavement surface that occurred on the Banggoi-Bula Road Section, it was concluded that the road damage conditions observed were at a moderate to very poor level. The culverts on this road section are designed to be 1.5 m wide and 1.8 m high. From the results of the road pavement analysis, the pavement design for the Banggoi-Bula Road Section was obtained, using a flexible type of pavement, with an AC-WC surface layer thickness of 40 mm, an AC-BC layer thickness of 60 mm, and the thickness of the class A foundation layer is 400 mm. Keywords: road; road damage; Pavement Condition Index; flexible pavement; culverts Abstrak Kondisi jalan pada Ruas Jalan Banggoi-Bula di Kabupaten Seram Bagian Timur mengalami kerusakan amblas, retak memanjang, dan retak kulit buaya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis jenis dan tingkat kerusakan, merancang gorong-gorong, dan menentukan tebal perkerasan pada Ruas Jalan Banggoi-Bula tersebut. Penentuan jenis-jenis kerusakan dilakukan dengan menggunakan metode Pavement Condition Index, perancangan gorong-gorong menggunakan analisis hidrologi, sedangkan penentuan tebal perkerasan lentur dilakukan dengan meng-gunakan metode Manual Desain Perkerasan 2017. Setelah melakukan tinjauan kondisi permukaan perkerasan jalan yang terjadi pada Ruas Jalan Banggoi-Bula, disimpulkan bahwa kondisi kerusakan di jalan yang diamati berada pada Tingkat Kerusakan sedang sampai dengan sangat buruk. Gorong-gorong di ruas jalan ini dirancang dengan lebar 1,5 m dan tinggi 1,8 m. Dari hasil analisis terhadap perkerasan jalan, didapat suatu desain perke-rasan untuk Ruas Jalan Banggoi-Bula, menggunakan jenis perkerasan lentur, dengan tebal lapis permukaan AC-WC 40 mm, tebal lapis AC-BC 60 mm, dan tebal lapis fondasi kelas A 400 mm. Kata-kata kunci: jalan; kerusakan jalan; Pavement Condition Index; perkerasan lentur; gorong-gorong

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

HPJI

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Jurnal HPJI adalah jurnal ilmiah di bidang teknik jalan yang diterbitkan dua kali setahun oleh HPJI. Makalah-makalah yang dimuat di jurnal ini merupakan makalah-makalah terbaik dari Seminar HPJI yang diadakan setiap tahun. Selain sebagai wadah komunikasi ilmiah, penerbitan Jurnal HPJI juga bertujuan ...