Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer
Vol 4, No 1 (2021): JURNAL TRIK - POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE

Pengontrolan Game Penalty Sepak Bola 1 VS 1 Menggunakan Kinect

Rafsanjani, Muhammad Ryzka (Unknown)
Atthariq, Atthariq (Unknown)
Atthariq, Husaini (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2022

Abstract

Abstrak— Gamer biasanya hanya memainkan game dengan menggunakan joystick, keyboard, ataupun layar touch screen, seiring berkembangnya teknologi maka Microsoft mengeluarkan produk Kinect. Tujuan daripenelitianini adalah agar pengguna dapat memainkan game penalty secara Virtual Reality, dengan cara menggerakan kaki seolah olah menendang bola ke depan maka bola yang ada di layar akan bergulir, menganalisa jarak untuk melakukan tendangan penalty, kamera kinectmenghasilkan skeleton dari pengguna, sehingga adanya sensasi baru dalam bermain game. Kinect digunakan sebagai alat kontrol utama dalam game , pengendalian game penalty sepak bola ini dibuat dengan menggunakan program Unity3D kemudian diatur agar dapat terhubung dengan Kinect, Kinect memiliki fitur depth sensor, motorized tilt, dan multi-array microphone. Hasil dari sistem pengontrolan game ini menghasilkan tingkat keberhasilan mencapai 0% pada pada jarak 1 meter antara pengguna dengan kinect, 40% pada jarak 1.5 meter, 95% pada jarak 2 meter, 90% pada jarak 2.5 meter, dan 85% keberhasilan pada jarak 3 meter.Kata kunci: Pengontrolan game penalty, Virtual Reality, Kinect, Unity3D

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

TRIK

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Teknologi Rekayasa Informasi dan Komputer (JTRIK) merupakan media publikasi hasil penelitian yang diterbitkan oleh Politeknik Negeri Lhokseumawe. JTRIK dipublikasikan setiap 2 bulan yaitu maret dan september baik secara print dan online. Scope jurnal ini meliputi bidang ilmu komputer, ...