Journal of Economic, Public, and Accounting (JEPA)
Vol 7 No 2 (2025): Volume 7, No 2, April 2025,

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPERCAYAAN DALAM MENGGUNAKAN E-COMMERCE SHOPEE DI MAJENE SULAWESI BARAT

Lestari, Ayu (Unknown)
Prof. Dr. Sfenrianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Maraknya kasus penipuan belanja online membuat sebagian masyarakat khususnya di kawasan Majene, Sulawesi Barat, takut untuk melakukan transaksi secara online. Orang cenderung berbelanja langsung di pasar, atau mereka memesan barang dari penjual yang mereka kenal baik. Kepercayaan konsumen terhadap suatu produk atau jasa dipengaruhi oleh banyak hal yang berkaitan dengan produk tersebut, antara lain manfaat, harga, merek, dan lain-lain. Maraknya kasus mengenai detail produk yang tidak sesuai dengan barang yang datang, membuat minat sebagian orang untuk berbelanja online berkurang. Kepercayaan konsumen terhadap e-commerce atau kepercayaan online dipengaruhi ketika melakukan transaksi barang atau jasa yang diinginkan sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan metode kuesioner dan mengambil sampel sebanyak 150 responden. Penelitian ini menggunakan algoritma SmartPls dengan menghitung 150 responden dan memiliki 5 hipotesis. Dari kelima hipotesis tersebut, terdapat 2 hipotesis yang diterima yaitu E-Commerce Knowledge dan Perceived Risk. Untuk penelitian selanjutnya dengan model penelitian ini diharapkan dapat diujicobakan di daerah lain dan jumlah responden lebih banyak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jepa

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Journal of Economic, Public, and Accounting (JEPA) adalah Jurnal hasil penelitian yang mengkaji tentang Ekonomi, Public dan ...