Widya Balina :Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ekonomi
Vol. 8 No. 1 (2023): Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ekonomi

Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pengajaran ESP Dalam Kemerdekaan Belajar

Susila, I Komang Dedik (Unknown)
Aryasuari, I Gusti Ayu Istri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2023

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran berdiferensiasi merupakan upaya menyediakan pembelajaran yang sesuai dengan tingkat pengetahuan dan minat peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keunggulan dan tantangan dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada pengajaran ESP dalam kemerdekaan belajar. Subyek dari penelitian ini adalah dua instruktur Bahasa Inggris yang mengajar mata latih English for Culinary dan English for FB Service yang mengajar pada Program Desember tahun ajaran 2022/ 2023. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah interview mendalam. Data dianalisis secara kualitatif dengan metode analisis data Miles dan Huberman (1994). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keunggulan dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran ESP di Mediterranean Bali adalah 1) sajian materi yang sesuai dengan tingkat pengetahuan, preferensi belajar, dan minat peserta didik, 2) memberikan pembelajaran yang bermakna atau berkorelasi dengan kehidupan peserta didik, 3) perasaan untuk mencapai kesuksesan, 4) dan dapat memotivasi peserta didik dalam belajar. Sedangkan tantangan dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi adalah 1) memerlukan lebih banyak waktu persiapan, 2) mengatur waktu dengan baik, 3) memperlakukan peserta didik dengan ideal, 4) dan kekurangan waktu untuk fokus pada perkembangan individu.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

wb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

The contents of the journal cover the scientific fields of Education and Economics including: Economic Education (Accounting, Office Administration and Marketing) Monetary Economy Public Economy Industrial Economy International Economy Human Resource Economics Natural Resource Economics ...