Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Mutu Pendidikan di SD Inpres Luaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumen untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Manajemen Bebrbasis Sekolah (MBS) dan Mutu Pendidikan di SD Inpres Luaan sudah berjalan baik (1) penerapan manajemen berbasis sekolah dalam bidang kurikulum dimulai dari penyusunan visi, misi, tujuan sekolah, program pembelajaran, pembagian tugas, kegiatan ekstrakurikuler, pengembangan silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), (2) bidang kesiswaan, sudah sesuai dengan program meliputi penerimaan siswa baru, (3) peningkatan profesional guru dilaksanakan melalui kegiatan pelatihan, (4) dalam pengelolaan keuangan dilakukan dengan penetapan sumber dana, menganalisis kebutuhan, alokasi anggaran, pengawasan dan pelaporan dengan melibatkan stakeholder sekolah; dan (5) dalam bidang hubungan dengan masyarakat sudah berjalan dengan baik, diarahkan untuk mencapai tujuan sekolah dan melakukan sosialisasi tentang manajemen berbasis sekolah sebagai upaya melibatkan masyarakat untuk berpartisipasi aktif membantu sekolah. Kemudian faktor pendukung pelaksanaan yakni adanya peningkatan kedisiplinan guru di sekolah dan membuat program sekolah, demokratisasi dalam setiap pengambilan keputusan atau kebijakan. Ketiga adanya komitmen dan profesionalisme kerja Tenaga pendidik dalam usaha mengembangkan SD Inpres Luaan. Faktor penghambat pertama terbatasnya pengetahuan Tenaga pendidik tentang Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), adanya pengaruh dari pusat dalam pengambilan keputusan sekolah terakhir Kata kunci: Manajemen berbasis sekolah, mutu pendidikan, Sekolah Dasar
Copyrights © 2025