YUME : Journal of Management
Vol 8, No 1 (2025)

Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image, Dan Inovasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Head And Shoulders Di Kota Batam

Ernita, Ernita (Unknown)
Sitorus, David Humala (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2025

Abstract

Head and Shoulders adalah merek sampo anti-ketombe yang cukup populer di berbagai kota, termasuk di Batam. Kota Batam memiliki perusahaan yang bernama PT Sumber Sari yang terletak di JL Yos Sudarso, No. 2, Batam. Perusahaan merupakan distributor resmi Head and Shoulders di Batam. Jumlah keputusan pembelian masyarakat kota Batam atas produk Head and Shoulders mengalami kenaikan dan penurunan setiap tahunnya. Permasalahan yang mengakibatkan penurunan pada penjualan dikarenakan, kualitas produk dalam segi kandungan mengandung SLS. Brand image produk berada jauh di posisi nomor 10 pada pendataan TOP Brand Index. Inovasi kemasan pada produk memiliki desain botol yang klasik dan konsisten membuatnya mudah diidentifikasi, tetapi kurangnya variasi dalam desain. Populasi penelitian menggunakan data jumlah penduduk Kota Batam Kecamatan Lubuk Baja sebesar 84.533 penduduk. Teknik sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan rumus Lemeshow sehingga mengetahui sampel sebanyak 100 responden. Hasil menyatakan bahwa kualitas Produk, brand image dan inovasi produk secara parsial dan simultan membawa pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kata Kunci: kualitas produk; citra merek; inovasi; keputusan pembelian.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

yume

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Health Professions Social Sciences

Description

YUME : Journal of Management menerbitkan naskah artikel 3 kali dalam setahun (April, Agustus dan Desember), berisikan artikel dalam bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Sratejik, Perilaku Organisasi, Corporate Governance, ...