Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi yang terdiri dari Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats. Strategi promosi jajanan dodol di Desa Bondalem sebagai oleh-oleh khas Buleleng. Metode penelitian yang digunakan adalah metode 4p dan marketing mix. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha dodol snack pada industri rumah tangga di Desa Bondalem Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng berdasarkan hasil perhitungan nilai bobot dan nilai rating X overall pada faktor internal (IFAS) total adalah 0,38, sedangkan hasil dari perhitungan bobot dan nilai rating (Y) dapat menghasilkan bobot total sebesar 0,15 untuk faktor eksternal (EFAS) yang terletak pada kuadran I. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan memerlukan strategi untuk bertahan dan dapat mempertahankan perusahaan lebih baik lagi. Oleh karena itu, dari analisis SWOT diperoleh beberapa strategi dalam kuadran yang nantinya menjadi prioritas strategi yang tepat untuk diimplementasikan terlebih dahulu dengan menggunakan analisis SWOT.
Copyrights © 2022