Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Vol. 3 No. 4 (2024): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis April 2024

Analisis Efektifitas Standar Operasional Prosedur (SOP) Pembersihan Kamar Tamu Check Out

Darsana, Kadek Bayu (Unknown)
Sudarmawan, I Wayan Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Housekeeping Department merupakan bagian yang sangat penting kedudukannya di dalam suatu hotel sebab Housekeeping Department adalah bagian yang bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan, kerapian, keindahan dan kenyamanan di seluruh area hotel, baik diluar gedung maupun di dalam gedung, termasuk kamar – kamar maupun ruangan – ruangan yang disewa oleh para tamu. Penelitian ini mengenai penerapan SOP Pembersihan kamar tamu check out di Four Star by Trans Hotel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala apa saja yang terjadi selama pembersihan kamr tamu check out dan untuk mengetahui penerapan Standard Operational Preocedure (SOP) pembersihan kamar tamu check out di Four Star by Trans hotel. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder melalui observasi dan wawancara. Data dikumpulkan dengan melakukan observasi tentang SOP yang diterapkan di Four Star by Trans Hotel. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan terdapat 5 SOP Pembersihan kamar tamu check out yang tidak sesuai dengan Standard Operational Procedure. Dan prosedur yang belum diterapkan adalah : mengecek kebersihan matras dan kasur, membersihkan toilet, wastafel, dan bathtub dengan cairan pembersih, , mengecek kebersihan lantai dan dinding kamar mandi, menyeka permukaan meja, kursi, dan lemari, membersihkan jendela dan tirai jika ada., sedangkan kendala hasil wawancara yang ditemukan adalah waktu yang membuat tergesa-gesa dan adanya kesulitan untuk membersihkan tempat-tempat yang tidak terlihat/ sulit terjangkau. The Housekeeping Department is a very important part of the position in a hotel because the Housekeeping Department is the part that is responsible for maintaining cleanliness, tidiness, beauty and comfort in all areas of the hotel, both outside the building and inside the building, including rooms and rooms. rented by guests. This research concerns the implementation of the SOP for cleaning check-out guest rooms at the Four Star by Trans Hotel. The purpose of this study was to find out what problems occurred during the cleaning of check-out guest rooms and to find out the implementation of the Standard Operational Procedure (SOP) for cleaning check-out guest rooms at the Four Star by Trans hotel. This research uses primary and secondary data through observation and interviews. Data was collected by observing the SOP implemented at the Four Star by Trans Hotel. Based on the results of observations made, there are 5 SOPs for cleaning guest check out rooms that are not in accordance with the Standard Operational Procedure. And the procedures that have not been implemented are: checking the cleanliness of mattresses and mattresses, cleaning toilets, sinks and bathtubs with cleaning liquid, checking the cleanliness of bathroom floors and walls, wiping the surfaces of tables, chairs and cupboards, cleaning windows and curtains if any. while the constraints found by the interview results were the rush of time and the difficulty in cleaning places that were not visible/hard to reach.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

paris

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Paris memuat publikasi ilmiah di bidang pendidikan, pariwisata, bisnis dan kewirausahaan. dengan cakupan bidang sebagai berikut tetapi tidak hanya terbatas pada: 1. Pendidikan pariwisata, 2. Pengembangan kepariwisataan, 3. Pariwisata Berkelanjutan, 4. Pengentasan kemiskinan berbasis sumber daya ...