Penelitian ini membahas strategi pemasaran di RV Hotel by MaxOne Gianyar dalam meningkatkan tingkat hunian kamar hotel dalam masa pandemi Covid-19 dengan tujuan untuk mengetahui potensi internal dan eksternal, dan untuk mengetahui strategi alternatif yang dapat diterapkan di RV Hotel by MaxOne Gianyar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara, observasi, dokumentasi, dan juga penyebaran kuesioner kepada 3 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif berupa bauran pemasaran 4P, IFAS- EFAS dan analisis SWOT. Data primer diperoleh dari hasil wawancara, pemberian bobot dan rating untuk faktor-faktor IFAS, EFAS, sedangkan data sekunder diperoleh dari gambaran umum profil hotel dan dokumen tertulis dari RV Hotel by MaxOne Gianyar. Hasil penelitian dengan analisis SWOT didapat posisi RV Hotel by MaxOne Gianyar berada pada kuadran II, yakni menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang jangka panjang dengan cara strategi diversifikasi (produk/jasa). Dengan demikian, strategi yang dapat dilakukan RV Hotel by MaxOne Gianyar adalah dengan mengantisipasi ancaman eksternal yang dimiliki perusahaan dan memanfaatkan kekuatan perusahaan dari segi internal. This study discusses the marketing strategy at RV Hotel by MaxOne Gianyar in increasing the occupancy rate of hotel rooms during the Covid-19 pandemic to know the internal and external potential and find alternative strategies that can be applied at RV Hotel by MaxOne Gianyar. Data collection techniques in this study were by conducting interviews, observation, documentation, and also distributing questionnaires to 3 respondents. The data analysis technique used is descriptive qualitative in the form of a 4P marketing mix, IFAS-EFAS, and SWOT analysis. Primary data were obtained from interviews, giving weights and ratings for IFAS and EFAS factors, while secondary data was obtained from an overview of hotel profiles and written documents from RV Hotel by MaxOne Gianyar. The results of the study using a SWOT analysis showed that the position of RV Hotel by MaxOne Gianyar was in quadrant II, namely using strength to take advantage of long-term opportunities using a diversification strategy (product/service). Thus, the strategy that can be carried out by RV Hotel by MaxOne Gianyar is to anticipate external threats owned by the company and take advantage of the company's strengths from an internal perspective.
Copyrights © 2024