Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Vol. 4 No. 4 (2025): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis April 2025

Pengaruh Kualitas dan Harga Makanan terhadap Kepuasan Tamu

Benedict, Maverick Paulus (Unknown)
Astina, Made Arya (Unknown)
Sudiarta, I Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2025

Abstract

Seiring dibukanya penerbangan internasional, berbagai usaha pariwisata mulai terlihat bergeliat. Hotel dan restoran merupakan usaha pariwisata yang terlihat jelas kebangkitannya setelah sekian lama harus berjuang bertahan hidup selama pandemi yang lalu. Begitu banyaknya usaha pariwisata yang bermunculan merespon kondisi yang mulai membaik ini sehingga menimbulkan persaingan yang kian sengit. Maka dari itu, guna menghadapi keadaan tersebut, pengusaha harus dapat mengambil keputusan yang cepat dan tanggap agar usaha yang diciptakannya dapat berjalan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas dan harga makanan terhadap kepuasaan pelanggan yang ada di Restoran Karang, Holiday Inn Bali Sanur. Metode penelitiian yang dipakai adalah pendekatan kuantitatif berbentuk penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu kuesioner dan dokumentasi, serta menggunakan teknik pengambilan sampel kuota sampling. Hasil penelitian memaparkan bahwa kualitas makanan berdampak negatif dan signifikan pada kepuasan tamu, sedangkan harga berdampak positif dan signifikan pada tingkat kepuasan tamu. Pada penelitian ini variabel kualitas makanan dan harga pada kepuasan tamu memiliki kontribusi sebesar 18% sedangkan sisanya 82% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti di dalam model kepuasan tamu di Restoran Karang, Holiday Inn Bali Sanur. As international flights opened, tourist ventures began to look up. Hotels and restaurants are clearly seen as a tourist enterprise in their wake after such a long struggle to survive the last pandemic. The sheer number of tourist businesses that have sprung up to respond to this emerging condition has led to more competition. Thus, in order to cope with such circumstances and circumstances, a businessman must be able and quick and resourceful in making decisions so that his established efforts can thrive. The purpose of this study is to analyze the impact of quality and price on the customers' satisfaction at the Karang Restaurant, Holiday Inn Bali Sanur. The method of research used is a quantifiable, field-based approach with data collection techniques of questionnaires and documenting, and using sampling sampling samples samples sampling samples. Studies have shown that the quality of food has a negative and significant impact on guest satisfaction, while prices have a positive and significant impact on the level of guest satisfaction. In this study variables of food quality and price for guest satisfaction have an 18% contribution while the rest is 82% explained by other unstudied variables in the guest satisfaction model at the Karang Restaurant, Holiday Inn Bali Sanur.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

paris

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Paris memuat publikasi ilmiah di bidang pendidikan, pariwisata, bisnis dan kewirausahaan. dengan cakupan bidang sebagai berikut tetapi tidak hanya terbatas pada: 1. Pendidikan pariwisata, 2. Pengembangan kepariwisataan, 3. Pariwisata Berkelanjutan, 4. Pengentasan kemiskinan berbasis sumber daya ...