Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan seberapa besar pengaruh social media marketing program “Kulineria” di Instagram terhadap ekuitas merek Tehbotol Sosro berdasarkan teori ekologi media. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis asosiatif kausal, di mana penelitian meneliti pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. Analisis data yang dilakukan menunjukkan hasil dari kuesioner yang disebar valid, reliabel, dan lolos uji asumsi klasik. Sehingga simpulan dari penelitian ini, terdapat hubungan yang kuat dan positif pada uji korelasi dengan nilai sebesar 0.664. Koefisien determinasi yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat pengaruh social media marketing program “Kulineria” di Instagram terhadap ekuitas merek Tehbotol Sosro sebesar 44% dengan persamaan regresi Y = 22.65 + 0.549 X. Pengaruh tersebut dapat dijelaskan oleh asumsi kedua dari teori ekologi media yang menyatakan bahwa media memperbaiki persepsi dan mengelola pengalaman. Penelitian ini juga membuktikan asumsi pertama dan ketiga dari teori ekologi media berdasarkan gambaran umum responden. Saran dari penelitian ini adalah perusahaan perlu merancang social media marketing yang dapat meningkatkan engagement antara konsumen dengan perusahaan sehingga dapat memberikan dampak yang lebih signifikan terhadap ekuitas merek.
Copyrights © 2018