Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian eksplanatori dan menggunakan metode pengambilan sampel nonprobabilitas dengan teknik purposive. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana electronic word of mouth (e-WOM) dan risiko yang dirasakan memengaruhi keputusan pembelian di Shopee. Studi ini melibatkan 100 responden, yang semuanya adalah konsumen Shopee; analisis dilakukan menggunakan IBM SPSS 21.0. Temuan menunjukkan bahwa e-WOM memainkan peran dalam memengaruhi keputusan pembelian, berkontribusi sebesar 24.4%, dengan faktor-faktor lain yang mempengaruhi keputusan di luar e-WOM. Demikian pula, risiko yang dirasakan berdampak pada keputusan pembelian, berkontribusi sebesar 26.8%, sementara faktor-faktor lain juga mempengaruhi keputusan. Ketika e-WOM dan risiko yang dirasakan dipertimbangkan secara bersamaan, keduanya berkontribusi sebesar 33.3% terhadap keputusan pembelian, dengan faktor lain menjelaskan sisanya. Uji F menunjukkan bahwa e-WOM dan risiko yang dirasakan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Pada dasarnya, e-WOM yang positif dan risiko yang dirasakan yang rendah menyebabkan keputusan pembelian yang lebih tinggi di Shopee. Hasil ini menunjukkan bahwa Shopee harus mendorong pelanggan untuk memberikan ulasan yang lengkap dan jelas dengan poin insentif. Selain itu, Shopee harus berkonsentrasi pada meningkatkan layanan dan mendidik pelanggan tentang mekanisme transaksi.
Copyrights © 2023