KINDAI : Kumpulan Informasi dan Artikel Ilmiah Manajamen dan Akuntansi
Vol 21 No 2 (2025): KINDAI

INFORMASI OVERLOAD DALAM AKUNTANSI: TINJAUAN BIBLIOMETRIK TENTANG PENYEBAB, KONSEKUENSI DAN LANGKAH MITIGASI

Nadiar, Rahmi (Unknown)
Hayatie, Marliza Noor (Unknown)
Alfikri, Rahmatullah (Unknown)
Hidhayati, Annisa Tri (Unknown)
Rahmi, Audina (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

Perkembangan teknologi digital, seperti big data analytics, cloud computing, dan Artificial Intelligence (AI), telah mengubah sistem informasi akuntansi, memungkinkan akses data real-time yang lebih akurat. Namun, fenomena accounting information overload dapat menghambat pengambilan keputusan efektif. Penelitian ini menggunakan metode bibliometrik untuk menganalisis literatur terkait information overload in accounting menggunakan alat Publish or Perish (PoP) yang mengakses data dari Google Scholar. PoP mengidentifikasi artikel berdasarkan kata kunci dan kutipan untuk memilih literatur berkualitas. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan VOSviewer untuk memetakan penyebab, konsekuensi, dan langkah mitigasi. Temuan menunjukkan adanya peningkatan publikasi terkait fenomena ini pada periode 2020 – 2022, meskipun hanya 17 artikel yang relevan. Tidak ada publikasi signifikan pada 2023 – 2024, menandakan perlunya penelitian lebih lanjut. Kajian ini juga mengungkapkan minimnya penelitian terkait topik ini, sehingga membuka peluang bagi peneliti selanjutnya untuk memperkaya literatur global dan menawarkan solusi bagi tantangan praktis akuntansi. Kata kunci: information overload, akuntansi, bibliometrik

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kindai

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL Kindai adalah peer-review jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Pancasetia Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pancasetia Banjarmasin. Kindai pertama kali terbit dalam versi cetak pada tahun 2003 dan sejak tahun 2016 telah berubah menjadi versi online dengan OJS. ...