Jurnal Promosi Pendidikan Ekonomi
Vol 13, No 1 (2025): Promosi

Pengaruh Self-Regulated Learning dan Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi UPT SMK Negeri 1 Gowa

Muttmainna, Fauzia (Unknown)
Sangkala, Masnawaty (Unknown)
Nuraisyiah, Nuraisyiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk menganalisis pengaruh self-regulated learning dan self-efisiensi secara simultan terhadap hasil belajar siswa kelas XI program keahlian akuntansi UPT SMK Negeri 1 Gowa, (2) untuk menganalisis pengaruh self-regulated learning dan self-efisiensi secara parsial terhadap hasil belajar siswa kelas XI program keahlian akuntansi UPT SMK Negeri 1 Gowa, dan (3) untuk menganalisis pengaruh self-regulated learning dan self-ability secara parsial terhadap hasil belajar siswa kelas XI program keahlian akuntansi UPT SMK Negeri 1 Gowa. Variabel penelitian ini adalah: (1) self-regulated learning sebagai variabel bebas pertama (X 1 ), (2) self-ability sebagai variabel bebas kedua (X 2 ), dan (3) hasil belajar sebagai variabel keterikatan (Y). Populasi Penelitian ini adalah seluruh siswa program keahlian akuntansi kelas XI UPT SMK Negeri 1 Gowa yang terdiri dari 136 siswa, sedangkan sampel adalah 58 siswa yang diambil dengan teknik proporsional stratified random sampling . Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji instrumen, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) regulasi diri belajar dan efikasi diri secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, (2) regulasi diri belajar dan efikasi diri secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikan masing-masing 0,005 < 0,05 dan 0,000 < 0,05, dan (3) efikasi diri berpengaruh dominan terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,487 atau 48,7 persen sehingga hipotesis ditolak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ekonomi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, e-ISSN: 2442-9449, p-ISSN: 2337-4721, is the Journal of Economic Education University of Muhammadiyah Metro published two times a year every May and November, to accommodate the results of research, articles and scientific papers, in particular ...