Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 6, No 4 (2023)

Validitas dan Praktikalitas E-Bahan Ajar Berbantuan GeoGebra pada Materi Relasi dan Fungsi untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP/MTs

Nainggolan, Sabrina (Unknown)
Siregar, Syarifah Nur (Unknown)
Suanto, Elfis (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian dilakukan yaitu untuk menghasilkan e-bahan ajar berbantuan GeoGebra untuk memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Matematis (KPM) yang memenuhi syarat valid dan praktis materi Relasi dan Fungsi kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, Desseminate). Instrumen pengumpul data pada penelitian terdiri atas lembar validasi dan angket respon peserta didik. E-bahan ajar divalidasi oleh tiga validator dan dilakukan small group (evaluasi kelompok kecil) serta uji coba kelompok besar di SMP Negeri 40 Pekanbaru untuk mengetahui kepraktisan e-bahan ajar. Sesuai hasil analisis data lembar validasi dan angket respon peserta didik didapat persentase 93,75% dengan kategori sangat valid, persentase pada small group 85,82% dan pada uji coba kelompok besar 88,42%. Hasil analisis data menunjukkan bahwasanya e-bahan ajar telah memenuhi syarat valid dan praktis untuk digunakan peserta didik kelas VIII SMP/MTs

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...