Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 6, No 4 (2023)

Media Pembelajaran Berbasis Komputer Model Tutorial Interaktif untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Siahaan, Paulina (Unknown)
Heleni, Susda (Unknown)
Saragih, Sehatta (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2023

Abstract

Mengikuti perkembangan teknologi, maka guru perlu mengembangkan media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi seperti komputer, dimana media pembelajaran merupakan salah satu faktor ketercapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis komputer model interaktif yang valid dan praktis. Media pembelajaran dikembangkan untuk materi penyajian data kelas VII SMP bertujuan untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan mengikuti model pengembangan Borg and Gall. Kevalidan media ditentukan oleh hasil angket yang dinilai oleh 3 orang validator dan kepraktisan dilihat dari respon siswa. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis komputer model interaktif valid dan praktis. Namun, penelitian ini perlu dilanjutkan dengan uji coba penggunaannya untuk melihat efektivitasnya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Guru dapat menggunakan media pembelajaran berbasis komputer model interaktif ini untuk menunjang pembelajaran materi penyajian data. Namun guru perlu meninjau terlebih dahulu ketersediaan komputer dan listrik di sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...