Rendahnya kemampuan literasi numerasi siswa kelas SMPN 20 Pekanbaru menjadi salah satu masalah yang melatar belakangi penelitian ini. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan bertujuan untuk memperbaiki mutu proses pembelajaran guna meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa melalui pembelajaran Problem Based Learning. Subjek dalam penelitian ini adalah 38 siswa di kelas SMPN 20 Pekanbaru semester genap tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus berbeda dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Perangkat pembelajaran dan instrumen pengumpul data digunakan sebagai instrumen penelitian. Perangkat pembelajaran terdiri dari silabus, RPP, dan LAS. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data terdiri dari lembar observasi dan lembar tes kemampuan literasi numerasi siswa. Data dari instrumen pengumpul data dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil analisis tes literasi numerasi menunjukkan bahwa rata-rata nilai kemampuan literasi numerasi siswa pada siklus I adalah 77,16, kemudian meningkat menjadi 88,97 pada siklus II.
Copyrights © 2024