Jalan mempunyai peran yang sangat strategis. Konstruksi jalan mampu menopang beban kendaraan yang lewat dan mendistribusikan beban pada lapisan di bawahnya. Perencanaan jalan raya yang telah banyak diteliti tentang pengembangan dan modifikasi aspal dengan memanfaatkan bahan tambah dari limbah. Genangan air hujan di atas permukaan jalan yang selalu terjadi di musim penghujan mengakibatkan gangguan kenyamanan bagi pengendara. Aspal porus merupakan salah salah satu inovasi untuk meningkatkan resapan air hujan dan untuk mengurangi adanya genangan di atas jalan. Permasalahan kualitas campuran beraspal dan rongga yang besar menjadi hal yang perlu diperhatikan, sehingga dilakukan penelitian selanjutnya dengan menambahkan bahan tambah serbuk alumunium pada campuran AC-WC, diharapkan dapat meningkatkan kualitas campuran, kerena fungsi dari serbuk alumunium yang dicampurkan ke dalam campuran beraspal dapat meningkatkan kinerja campuran khususnya stabilitas menjadi lebih kuat. Adapun tujuan penelitian, yaitu untuk mengetahui besaran nilai paramater Marshall dan kehilangan berat perkerasan AC-WC. Berdasarkan hasil Pengujian Marshall dan Cantabro diperoleh nilai Paramater Marshall dan nilai kehilangan berat menggunakan limbah serbuk alumunium sebagai subtitusi material bahan tambah dengan variasi persentase campuran sebesar 50% dan 100% terhadap pasir memenuhi persyaratan Spesifikasi Umum Bina Marga Tahun 2018 Revisi 2, sehingga limbah serbuk alumunium dapat digunakan pada perkerasan AC-WC.
Copyrights © 2025