Virtual Class Universitas Lampung (VClass Unila) merupakan platform belajar dari yang dikembangkan Universitas Lampung. Selama pengimplentasian VClass Unila belum pernah dilakukan evaluasi untuk mengukur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap website VClass Unila. Hal tersebut berpotensi menyebabkan sejumlah dampak negatif, seperti tidak terdeteksinya masalah yang mungkin dialami mahasiswa saat menggunakan website. Untuk menanggulangi masalah tersebut perlu dilakukan evaluasi terhadap kualitas website VClass Unila dengan menggunakan metode Webqual 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kualitas website VClass Unila terhadap tingkat kepuasan mahasiswa serta memberikan rekomendasi perbaikan atau peningkatan kualitas website VClass Unila. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan data yang dikumpulkan melalui survey dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Hasil penelitian menunjukan rata-rata nilai kinerja (performance) dari seluruh dimensi Webqual 4.0 sebesar 3,84 dan tingkat kepentingan (importance) sebesar 4,46 sehingga menghasilkan gap sebesar -0,61 yang menunjukan kinerja website memenuhi harapan pengguna. Selanjutnya atribut tersebut akan dipetakan ke dalam kuadran Importance and Performance Analysis (IPA) yang menghasilkan 10 rekomendasi perbaikan.
Copyrights © 2024