Augmented Reality sudah banyak diterapkan pada berbagai keperluan bisnis seiring perkembangan teknologi di bidang perangkat mobile. Tujuan penelitian ini menerapkan Augmented Reality pada studi kasus pada promosi penjualan yang dinilai kurang interaktif dan menarik, dengan sistem pengujian berdasarkan standar ISO 25010 sehingga memudahkan konsumen melihat deskripsi dan contoh property keramik lantai, diperlukan visualisasi (3D) dengan menggunakan teknologi augmented reality. Pengembangan Aplikasi Augmented Reality (AR) ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan lanjutan model pengembangan air terjun dari (waterfall). Pengujian melibatkan karakteristik seperti Functional Suitability, Compatibility, Performance Efficiency, dan Usability. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini berhasil memenuhi standar kualitas ISO 25010, dengan functional suitability dan compatibility mencapai persentase 100%, serta kinerja performance efficiency dengan waktu respon rata-rata sebesar 0,75 detik, dan untuk tingkat usability dalam Aplikasi Android yang dikembangkan memiliki nilai usability yang mudah dalam aspek-aspek Learnability, Efficiency, Memorability, Errors, dan Satisfaction
Copyrights © 2024