RSUD Bayu Asih memiliki layanan kesehatan digital yaitu Aplikasi Reservasi RSUD Bayu Asih untuk mengoptimalkan layanan pasien dengan mengurangi antrean, meningkatkan akses informasi, dan meringankan beban kerja tenaga medis. Namun, ulasan pengguna di Google Play Store menunjukkan berbagai masalah usability. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi usability aplikasi dalam hal efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna, serta mengidentifikasi masalah usability dari perspektif pengguna dan ahli menggunakan metode think aloud dan heuristic evaluation. Evaluasi awal dengan 10 pengguna menunjukkan efektivitas aplikasi RSBA sebesar 73%, efisiensi 69%, dan skor System Usability Scale sebesar 34,5 poin. Think aloud mengidentifikasi 40 masalah usability, yang menunjukkan usability aplikasi belum optimal. Sehingga, dilakukan perancangan ulang UI/UX menggunakan user centered design yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Solusi yang telah didesain ulang dievaluasi kembali oleh pengguna untuk perbandingan. Untuk lebih mengoptimalkan solusi desain, dilakukan evaluasi yang melibatkan 5 ahli UI/UX. Evaluasi kedua dari desain solusi menunjukkan peningkatan yang signifikan: efektivitas meningkat menjadi 91%, efisiensi menjadi 86%, dan kepuasan menjadi 84,5 poin. Masalah kegunaan melalui metode think aloud berkurang drastis menjadi 9, dan hasil heuristic evalution menunjukkan 14 masalah. Hasil tersebut menunjukan bahwa solusi desain menangani sebagian besar masalah usability dan meningkatkan kualitas usability menjadi optimal
Copyrights © 2024