Perkembangan dunia teknologi saat ini berkembang pesat, semenjak memasuki era Revolusi Industri 4.0. akses untuk mendapatkan informasi sangat cepat dan akurat dengan banyaknya teknologi yang canggih untuk mendapatkan informasi tersebut. Begitupun dengan dunia pengelolaan data dan pembayaran terhadap sesuatu, RW 03 merupakan salah satu dari 10 RW pada kelurahan Desa Cimareme,yang juga menyediakan air PAM untuk warga RW 03. Sejak RW 03 ini menyediakan air PAM, sistem pengelolaan dan pembayaran yang digunakan masih secara manual. Dimana para petugas harus datang ke rumah warga dan mencatat tagihan serta bukti pembayaran dengan manual menggunakan alat tulis kertas, serta warga membayar masih secara manual. Hal ini menyebabkan kurang efektif dan memakan waktu yang lama. Ditambah lagi jika saat dilakukan penagihan oleh petugas pada warga, terkadang warga tersebut tidak ada dirumah ini menjadi hambatan untuk petugas saat melakukan penagihan. Untuk mengatasi masalah dan hambatan ini, dikembangkan Aplikasi Pengelolaan Air PAM Berbasis Mobile yang bertujuan untuk memungkinkan petugas dapat mengelola data tagihan secara terkomputerisasi dan menyimpan data menggunakan teknologi database serta warga dapat melihat tagihan dan membayar tagihan secara online, aplikasi ini diharapkan dapat membuat pengelolaan air PAM lebih efektif dan sistematis.
Copyrights © 2024