Dalam perkembangan teknologi digital saat ini, lembaga pendidikan perlu berinovasi dalam strategi promosi untuk menarik perhatian calon mahasiswa. Penelitian ini berfokus pada pengembangan media promosi yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) dan dapat diakses melalui platform Android. Politeknik TEDC Bandung dipilih sebagai studi kasus dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan model pengembangan perangkat lunak Waterfall, yang melibatkan beberapa tahap, yaitu analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Pada tahap analisis, kebutuhan sistem baik fungsional maupun non-fungsional diidentifikasi untuk memastikan bahwa aplikasi yang dikembangkaan memenuhi tujuan promosi. Desain sistem mencakup perancangan antarmuka pengguna dan arsitektur sistem yang mudah digunakan. Implementasi dilakukan dengan mengembangkan aplikasi AR yang menampilkan informasi terkait jurusan Politeknik TEDC Bandung dalam format video animasi. Pengujian dilakukan untuk memastikan aplikasi berfungsi optimal di berbagai perangkat Android. Pengujian aplikasi menggunakan Black Box Testing dan User Acceptance Testing (UAT), dengan Hasil uji coba UAT berdasarkan 3 parameter uji desain, fitur, dan kepuasan pengguna menunjukkan bahwa aplikasi ini diterima dengan baik oleh pengguna, dengan tingkat penerimaan secara keseluruhan mencapai 95,92%.
Copyrights © 2024