Analisis Conjoint digunakan    untuk   menentukan    tingkat   kepentingan     relatif berdasarkan   presepsi   konsumen   dan  nilai  kegunaan  yang  muncul  dari  atribut-atribut produk     terkait.     Untuk    menentukan      strategi,     analisis     conjoint  secara     spesifik merencanakan     segmentasi    pasar   berdasarkan    preferensi    konsumen    terhadap   atribut produk   yang  dipilihnya.    Tujuan  penelitian    ini  mengetahui    keinginan   konsumen   akan produk   tegel  yang  diproduksi   sehingga   dapat  diambil  sebagai  segmentasi   pasar,  serta mengintegrasikan    seluruh  keinginan  konsumen  kedalam  satu  produk.  Manfaat  penelitian ini  memberikan    informasi    tentang   kebutuhan   yang  diharapkan    oleh  sebagian    besar konsumen   dan  menentukan   tingkat  kepentingan   relatif  dari  atribut-atribut    pada  proses pemilihan   yang  dilakukan.   Me/ode  pengumpulan    data  dengan   observasi   ke  lapangan, wawancara,   kuesioncr,   dengan  jumlah   responden  sebanyak   40  orang  dan  diuji  dengan uji  Validitas  dan  Reliabilitas.    Implemen  tasi    analisis   conjoint   dengan  sofware   SPSS Berdasarkan    perhitungan    yang     dilakukan   dengan   analisis   conjoint   diperoleh    hasil responden    menganggap    bahwa   tege!  yang   diinginkan   paling   disukai   karena  faktor bentuk.  Adapun  faktor   bentuk  lege!  28.28%  (dengan  subfaktor   lebar  75% dan  standar 25%),  corak  24.88% (dengan  sufaktor  motif  70% dan polos  30%), faktor  harga  24.68 % (dengan  subfaktor  murah  40%,  sedang  55%,  mahal  5%), dan  terakhir  adalah  ketebalan 22.17  % (dengan  sufaktor  teba!   63%,  medium  30%,  dan  tipis  7%). Dengan  demikian produk  lege! yang  diproduksi  mempunyai   spesifikasi  yang  standar  lebar  30x30  em,  corak yang  bermotif,  tebal  2 em, dan  mempunyai  kisaran  harga  p.  13.000  -  Rp.  J 5.000/m3
Copyrights © 2004