Chatbot adalah program komputer yang mampu melakukan percakapan seperti halnya manusia. Model percakapan menggunakan kecerdasan buatan untuk memahami pertanyaan pengguna dan memberikan respons yang sesuai dengan topik yang dibahas. Proses penerimaan mahasiswa baru memerlukan layanan informasi yang cepat dan efisien, website penerimaan mahasiswa baru di Politeknik TEDC Bandung masih sebatas berisi informasi umum. Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu aplikasi chatbot yang dapat menjawab pertanyaan dari calon mahasiswa seputar penerimaan mahasiswa baru di Politeknik TEDC Bandung. Aplikasi chatbot diimplementasikan menggunakan metode Natural Language Processing (NLP). Tahapan pada NLP terdiri dari pembuatan dataset, text preprocessing, bag of word (BoW), dan model neural network. pelatihan pada model dilakukan sebanyak 450 epoch dan mendapatkan hasil dengan final loss 36,85% dan accuracy sebesar 90,77%. Hasil pengujian User Acceptance Test (UAT) pada Aplikasi Chatbot Penerimaan Mahasiswa Baru di Politeknik TEDC Bandung terbukti dapat diterima dengan baik oleh pengguna, dengan nilai persentase mencapai 89,78%.
Copyrights © 2025