Perpustakaan yang merupakan wadah atau instansi untuk menyimpan, mengelola, mengumpulkan koleksi berupa buku, jurnal, artikel, ebook, ejournal, audio visual dana lain sebagainya. Layanan perpustakaan adalah penyediaan bahan pustaka secara cuma-cuma kepada masyarakat dengan tepat dan akurat sesuai dengan kebutuhan pemakai jasa perpustakaan, dan Kualitas layanan perpustakaan akan menjadi semakin baik apabila perpustakaan mempunyai kemampuan sebagai perantara/penengah (Intermediary) yang profesional bagi pemustakaannya. Kemampuan, sikap dan penampilan pustakawan dalam melayani pemustaka sangat menentukan kualitas layanan perpustakaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas layanan perpustakaan Universitas Malikussaleh menggunakan metode Fuzzy Service Quality. Perpustakaan sebagai pusat informasi dan pembelajaran harus memberikan layanan yang memadai dan berkualitas bagi pemustaka. Layanan perpustakaan yang optimal dapat dinilai dari kemampuan pustakawan dan fasilitas yang tersedia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan partisipasi 50 mahasiswa dari berbagai fakultas di Universitas Malikussaleh. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang menggunakan skala fuzzy linguistik untuk mengukur persepsi dan ekspektasi mahasiswa terhadap layanan perpustakaan. Lima dimensi kualitas layanan yang dievaluasi meliputi tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa semua item pada kuesioner valid dan reliabel. Analisis data menggunakan metode Fuzzy Service Quality menunjukkan adanya gap antara persepsi dan ekspektasi mahasiswa terhadap layanan perpustakaan. Gap ini diukur menggunakan Triangular Fuzzy Number (TFN) dan diolah melalui proses fuzzyfikasi dan defuzzyfikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara persepsi dan ekspektasi mahasiswa terhadap layanan perpustakaan. Nilai gap yang diperoleh menunjukkan bahwa layanan perpustakaan Universitas Malikussaleh masih perlu ditingkatkan untuk mencapai kualitas yang memuaskan. Temuan ini memberikan rekomendasi bagi pihak perpustakaan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada pemustaka
Copyrights © 2024