Masalah penumpukan sampah rumah tangga di Indonesia memerlukan solusi inovatif untuk mendukung pengelolaan yang lebih baik dan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan prototipe aplikasi pengelolaan sampah rumah tangga, TONG HAUS, menggunakan metode design thinking. Tahapan penelitian meliputi empathize untuk memahami kebutuhan pengguna, define untuk merumuskan masalah utama, ideate untuk menghasilkan ide solusi, prototype untuk membuat antarmuka interaktif, dan test untuk mengevaluasi kegunaan aplikasi. Prototipe aplikasi dirancang dengan fitur utama, seperti edukasi pengelolaan sampah, transaksi penjualan sampah daur ulang, dan jadwal pengambilan sampah. Pengujian dilakukan menggunakan System Usability Scale (SUS) dengan skor rata-rata 74, yang menunjukkan tingkat kegunaan cukup tinggi. Hasil pengujian memberikan wawasan untuk perbaikan desain sebelum aplikasi dikembangkan lebih lanjut. Penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan design thinking efektif dalam menciptakan solusi berbasis teknologi yang relevan dan berkelanjutan. Implikasi dari penelitian ini adalah menyediakan platform yang tidak hanya meningkatkan pengalaman pengguna tetapi juga mendukung masyarakat dalam praktik pengelolaan sampah yang lebih efisien dan ramah lingkungan.
Copyrights © 2025