Penelitian ini membahas pengembangan game edukasi berbasis Android untuk memperkenalkan dan melestarikan kebudayaan Flores di kalangan generasi muda Indonesia. Dengan meningkatnya penggunaan smartphone dan minat yang rendah terhadap bacaan budaya, diperlukan inovasi dalam metode pembelajaran. Melalui metode Game Development Life Cycle (GDLC), game ini dirancang untuk menarik perhatian siswa dan meningkatkan pengetahuan mereka tentang kebudayaan lokal. Hasil diharapkan dapat meningkatkan kesadaran generasi muda akan pentingnya melestarikan warisan budaya Indonesia, khususnya budaya Flores. Dalam proses belajar mengenai materi budaya pada mata pelajaran seni budaya di SDN 1 atap cipaku menggunakan aplikasi media pembelajaran interaktif berbasis android dapat dibuktikan dari hasil pre-test 27,173913 dan post-test 75,6522 dengan metode n-gain senilai 0,651304 dikatagori Sangat efektif dan tanggapan dari kusioner responden menunjukan bahwa game budaya flores mendapatkan nilai 86,26 di katagori baik
Copyrights © 2025