Aplikasi Harmony Blood dirancang agar pencarian pendonor di lingkungan universitas menjadi lebih mudah dan cepat, dengan menggunakan metode Design Thinking. Metode ini terdiri dari lima tahap, yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. penelitian ini, melakukan wawancara terhadap responden untuk memahami kebutuhan utama pengguna, kemudian dirangkum untuk merancang solusi yang sesuai. Proses perancangan meliputi pembuatan User Flow, Wireframe, danPrototype menggunakan Figma. Pengujian menggunakan aplikasi Maze dengan enam tugas utama, seperti masuk/daftar, pencarian pendonor, daftar menjadi pendonor, lihat profil, lihat notifikasi, dan fitur live chat untuk berinteraksi dengan pendonor. Hasil pengujian menunjukkan seluruh responden berhasil menyelesaikan task yang diberikan, meskipun terdapat beberapa kesalahan klik (missclicks), namun tidak berpengaruh pada kelancaran pengguna dalam menggunakan aplikasi. Ini membuktikan bahwa penerapan metode Design Thinking dalam perancangan UI/UX dapat menghasilkan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dan user friendly. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam mempermudah proses pencarian pendonor serta dapat dikembangkan lebih lanjut
Copyrights © 2025