PENA SAINS
Vol 2, No 1 (2015): JURNAL PENA SAINS

PENERAPAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING MODEL STAD BERBANTUKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA

Mimik Wardiningrum (SD Negeri Baratan 02 Jember)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran cooperative learning model STAD yang berbantukan meda video pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA Siswa kelas V SD negeri Baratan 2 Jember.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD Negeri Baratan 02 dengan populasi semua siswa, dan sampel siswa kelas V pada pokok bahasan daur air. Dalam penelitian ini data yang dianalisis adalah prosentase keaktifan siswa dan ketuntasan hasil belajar.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Rata-rata Aktifitas siswa pada siklus I, aktifitas mencapai 75, 7 %. Pada siklus II aktifitas siswa mencapai 81, 1 %. Persentase rata-rata aktifitas siswa pada siklus I dan siklus II sebagai berikut; Memperhatikan pembelajaran ( 82,0 % ); Kerjasama dalam melakukan percobaan ( 84,7 % ); Presentasi hasil percobaan ( 88,3 % ); Bertanya atau menjawab ( 62,6 % ). Aktifitas yang paling rendah dilakukan siswa adalah bertanya dan menjawab.Persentase hasil belajar mengalami peningkatan terlihat pada siklus I adalah 64, 9 % dengan 13 siswa belum tuntas dan pada siklus II adalah 83, 8 % dengan 6 siswa belum tuntas.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

penasains

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Mathematics Physics

Description

Jurnal Pena Sains (p-ISSN: 2407-2311) (e-ISSN: 2527-7634) is published by Natural Science Education Study Program, University of Trunojoyo Madura as a medium to improve the creativity of lecturer, academics, practitioners, researchers, relating to the science education and science. The journal is ...