SPEED: Journal of Special Education
Vol. 8 No. 2 (2025): SPEED: Journal Of Special Education

Pengaruh Metode Auditory Verbal Therapy Terhadap Peningkatan Kemampuan Pragmatik Pada Anak Hearing Impairment

Azzahra, Amalia (Unknown)
Sudarman, Sudarman (Unknown)
Husadani, Rizky (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2025

Abstract

Bahasa adalah suatu hal terpenting dalam kehidupan manusia, kita tidak bisa hidup dengan baik tanpa adanya bahasa. Perkembangan pemerolehan bahasa anak hearing impairment menjadi suatu hal yang penting apabila diamati kemampuan pragmatik dalam berbahasa. Anak yang mengalami gangguan pendengaran akan kesulitan berkomunikasi mereka tidak dapat mendengar apa yang dikatakan pembicara sehingga tidak dapat memberi tanggapan yang tepat. Salah satu metode intervensi untuk anak gangguan pendengaran adalah Audiotory Verbal Therapy (AVT) guna membantu mengatasi keterlambatan berbahasa lisan mereka. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Auditory Verbal Theraphy (AVT) terhadap kemampuan pragmatik pada anak hearing impairment. Metode: Desain penelitian ini adalah One-Group Pretest-Posttest Design dengan pendekatan experimental. Jumlah sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah 20 anak gangguan pendengaran yang memakai alat bantu dengar di SLB-B YRTRW Surakarta menggunakan teknik purposive sampling. Uji statistik yang digunakan adalah uji statistik Wilcoxon. Hasil Skripsi: Hasil analisis menunjukan terdapat pengaruh intervensi AVT terhadap kemampuan pragmatik terhadap anak hearing impairment dengan hasil uji statistik Wilcoxon yaitu P value adalah 0,000 atau nilai P (P<0,05).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

speed

Publisher

Subject

Other

Description

SPEED Journal : Journal of Special Education is a multidisciplinary publication presenting primary research and scholarly reviews related to special education. SPEED Journal : Journal of Special Education provides research articles and scholarly reviews on special education for individuals with mild ...