Jurnal Manajemen Informatika, Sistem Informasi dan Teknologi Komputer (JUMISTIK)
Vol 4 No 1 (2025): Jurnal Manajemen Informatika, Sistem Informasi dan Teknologi Komputer (JUMISTIK)

Analisis Manajemen Layanan Operasional menggunakan Framework ITIL V3 pada Aplikasi JConnect Mobile

Izza, El - Nikmatul (Unknown)
Milad, Mohammad Khusnu (Unknown)
Amrozi, Yusuf (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin maju dan modern, membuat masyarakat mau tidak mau harus mengikuti kemajuan teknologi yang ada. Dimana saat ini semua bentuk kebutuhan manusia dibuat menjadi sebuah aplikasi untuk membantu agar kehidupannya lebih fleksibel. Salah satu contohnya yaitu, aplikasi JConnect Mobile yang dibuat untuk memudahkan manusia dalam urusan pelayanan perbankan. Tujuan dari dibuatnya penelitian ini, yaitu untuk meningkatkan kualitas pelayanan operasional dari aplikasi JConnect dengan menggunakan framework ITIL V3. Metode pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini, yaitu penelitian kualitatif. Dimana pengumpulan datanya dilakukan dengan cara wawancara. Data yang dikumpulkan bisa berupa opini, pandangan, dan persepsi dari setiap responden terkait dengan pelayanan perbankan pada aplikasi JConnect Mobile. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa ITIL 3 sangat disarankan untuk menaikkan standar layanan perbankan. Hasil wawancara yang didapatkan terdapat beberapa jawaban dari narasumber yang bermakna negatif seperti aplikasi JConnect sering mengalami bug dan lain sebagainya. Dengan memantau dan menilai secara berkelanjutan, bank juga dapat menjamin bahwa layanan yang diberikan sudah sesuai dengan kebutuhan nasabah. Maka dari itu, bank perlu mengembangkan dan meningkatkan kualitas layanan aplikasinya agar dapat mempererat relasi dengan nasabah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

home

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Manajemen Informatika, Sistem Informasi dan Teknologi Komputer (JUMISTIK) di terbitkan oleh Kampus STMIK Amika Soppeng. JUMISTIK terbit 2 edisi per tahun pada bulan Juni dan bulan Desember dengan scope ilmu komputer yang mencakup manajemen informatika, sistem informasi dan teknologi ...