Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketuntasan belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk siswa kelas VI. Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil belajar siswa yang rendah. Dalam penelitian ini guru memilih metode demonstrasi dalam proses pembelajaran. Metode demonstrasi adalah pembelajaran yang dilakukan dengan media peraga yang ditunjukkan oleh guru untuk menunjukkan suatu proses.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan pilihan tempat penelitian ditetapkan di SD Negeri 2 Harjowinangun. Yang menjadi subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI. Jumlah siswa di kelas ini adalah 24 siswa yang terdiri dari 13 orang siswa perempuanĀ dan 11 orang siswa laki-laki. Hasil penelitian diperoleh dari pengamatan dan tes formatif. Data hasil pengamatan tentang keaktifan siswa dan hasil belajar siswa pada siklus I sampai dengan siklus II, masing-masing disajikan dalam bentuk data tabel. Dari hasil analisis data, motivasi belajar dan keaktifan siswa pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, tetapi masih perlu diperbaiki pada siklus berikutnya. Pada siklus II, sebagian besar siswa mencapai ketuntasan belajar, yakni 20 dari 24 siswa (83,33%) tuntas belajarnya, sedangkan yang belum tuntas belajarnya ada 4 siswa (16,67 %). Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat dikatakan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2015