PENA SAINS
Vol 2, No 1 (2015): JURNAL PENA SAINS

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI KESEIMBANGAN EKOSISTEM DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VI SEMESTER I SEKOLAH DASAR NEGERI 2 HARJOWINANGUN TAHUN PELAJARAN 2014

Evi Ekawati (SD Harjowinangun Grobogan)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketuntasan belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk siswa kelas VI. Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil belajar siswa yang rendah. Dalam penelitian ini guru memilih metode demonstrasi dalam proses pembelajaran. Metode demonstrasi adalah pembelajaran yang dilakukan dengan media peraga yang ditunjukkan oleh guru untuk menunjukkan suatu proses.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan pilihan tempat penelitian ditetapkan di SD Negeri 2 Harjowinangun. Yang menjadi subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI. Jumlah siswa di kelas ini adalah 24 siswa yang terdiri dari 13 orang siswa perempuanĀ  dan 11 orang siswa laki-laki. Hasil penelitian diperoleh dari pengamatan dan tes formatif. Data hasil pengamatan tentang keaktifan siswa dan hasil belajar siswa pada siklus I sampai dengan siklus II, masing-masing disajikan dalam bentuk data tabel. Dari hasil analisis data, motivasi belajar dan keaktifan siswa pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, tetapi masih perlu diperbaiki pada siklus berikutnya. Pada siklus II, sebagian besar siswa mencapai ketuntasan belajar, yakni 20 dari 24 siswa (83,33%) tuntas belajarnya, sedangkan yang belum tuntas belajarnya ada 4 siswa (16,67 %). Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat dikatakan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

penasains

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Mathematics Physics

Description

Jurnal Pena Sains (p-ISSN: 2407-2311) (e-ISSN: 2527-7634) is published by Natural Science Education Study Program, University of Trunojoyo Madura as a medium to improve the creativity of lecturer, academics, practitioners, researchers, relating to the science education and science. The journal is ...