Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan aparatur desa secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat desa Pematang Guntung Serdang Bedagai dan seberapa besar persentasenya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan beberapa uji yakni reliability analysis, uji penyimpangan asumsi klasik dan regression linier. Berdasarkan hasil regresi data primer yang diolah dengan menggunakan SPSS 20, diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut: Y = 0,193 + 0,486 X1 + 0,496 X2 + e. Secara parsial, variabel sarana dan prasarana (X1) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan masyarakat, terbukti dari nilai t hitung > t tabel (5,103 > 1,985). Variabel implementasi kebijakan (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan masyarakat, terbukti dari nilai t hitung > t tabel (5,537 > 1,985). Secara simultan, variabel sarana dan prasarana (X1) dan implementasi kebijakan (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Artinya hipotesis pada penelitian ini diterima, terbukti dari nilai F hitung > F tabel (85,502 > 3,09). Variabel sarana dan prasarana (X1) dan implementasi kebijakan (X2) mampu memberikan kontribusi pengaruh terhadap variabel kepuasan masyarakat sebesar 64,3% sedangkan sisanya sebesar 35,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari kesimpulan di atas, penulis memberikan saran melihat pelayanan dan implementasi kebijakan memiliki nilai yang cukup berpengaruh, maka hendaknya pemerintah desa tetap mempertahankan kepercayaan masyarakat yang dianggap sudah puas dalam diberikan pelayanan. Diharapkan ada penelitian yang mendalam di masa yang akan datang yang dilakukan peneliti-peneliti lainnya mengenai variabel pelayanan dan implementasi kebijakan terhadap kepuasan masyarakat.
Copyrights © 2023