Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Selebgram Tasya Farasya yang terdiri atas Attractiveness (Daya Tarik) dan Expertise (Keahlian) pada minat beli konsumen secara online pada media sosial Instagram (Studi dilakukan dengan cara pengisian kuesioner secara online atau google form). Penelitian ini menggunakan metode Non-Probability Sampling yaitu dengan jumlah Sampel penelitian ini adalah followers akun instagram @Tasyafarasya sebanyak 100 responden dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Metode yang digunakan untuk menguji dan menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan dengan menggunakan analisis regresi, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji t dan uji f. Pengujian hipotesis daya tarik (X1) diperoleh nilai thitung -1,056 < ttabel 1,984 dan tingkat signifikan 0,294 > 0,05, dengan demikian Ho1 diterima dan Ha1 ditolak, berarti secara parsial variabel daya tarik tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Pengujian hipotesis keahlian (X2) diperoleh nilai thitung sebesar 9,955 > ttabel 1,984 dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05, dengan demikian Ha1 diterima dan Ho1 ditolak, berarti secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel keahlian terhadap minat beli. Hasil uji simultan untuk keseluruhan variabel menunjukan nilai Fhitung sebesar 60,252 dengan tingkat signifikan 0,000 sedangkan Ftabel sebesar 3,09. Dengan demikian Fhitung 60,252 > Ftabel 3,09 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya hipotesis yang menyatakan variabel Attractiveness (Daya Tarik) dan Expertise (Keahlian) secara bersama-sama (simultan) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli.
Copyrights © 2024