Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui secara parsial maupun simultan apakah efektivitas dan akuntabilitas desa berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat di Desa Sei Bamban Kecamatan Sei Bamban Kabupaten Serdang Bedagai. dan seberapa besar persentasenya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan beberapa uji yakni reliability analysis, uji penyimpangan asumsi klasik dan regression linier. Berdasarkan hasil regresi data primer yang diolah dengan menggunakan SPSS 20, diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut: Y = 13,277 + 0,270 X1 + 0,404 X2 + e. Secara parsial, variabel efektivitas (X1) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Artinya hipotesis pada penelitian ini diterima, terbukti dari nilai t hitung > t tabel (3,259 > 1,985). Sedangkan variable akuntabilitas desa (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Artinya hipotesis pada penelitian ini diterima, terbukti dari nilai t hitung > t tabel (4,274 > 1,985). Secara simultan, variabel efektivitas (X1) dan akuntabilitas desa (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Artinya hipotesis pada penelitian ini diterima, terbukti dari nilai F hitung > F tabel (14,217 > 3,09). Variabel efektivitas (X1) dan akuntabilitas desa (X2) mampu memberikan kontribusi pengaruh terhadap variabel penururnan tingkat kesejahteraan masyarakat sebesar 23,0% sedangkan sisanya sebesar 77,0% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari kesimpulan di atas, penulis memberikan saran melihat melihat kurang tingginya persentase pengaruh variabel efektivitas dan akuntabilitas desa terhadap kepuasan masyarakat maka pihak pemerintah desa harus lebih menggencarkan program yang bersifat sinergi dan memiliki integritas agar masyarakat dapat percaya dengan program pemerintah desa. Diharapkan ada penelitian yang mendalam di masa yang akan datang yang dilakukan peneliti-peneliti lainnya mengenai variabel efektivitas dan akuntabilitas desa terhadap kepuasan masyarakat.
Copyrights © 2024