PENA SAINS
Vol 3, No 2 (2016): JURNAL PENA SAINS

RESPON SISWA DAN GURU DALAM PEMBELAJARAN IPA TERPADU KONSEP TEKANAN MELALUI PROBLEM BASED LEARNING

Rahmi Faradisya Ekapti (Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2016

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan dan respon siswa serta guru setelah pembelajaran IPA terpadu menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dari dua kelas VIII di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Gresik tahun pelajaran 2015/2016. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, angket untuk melihat respon siswa, serta format wawancara untuk melihat tanggapan guru terhadap pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran IPA terpadu dengan model PBL (kelas eksperimen) sebesar 93,09% dan pembelajaran IPA terpadu dengan model konvensional (kelas kontrol) sebesar 89,92% dan dapat dikatakan sudah terlaksana sesuai dengan yang direncanakan. Guru dan siswa menanggapi positif pembelajaran IPA terpadu dengan model PBL.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

penasains

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Mathematics Physics

Description

Jurnal Pena Sains (p-ISSN: 2407-2311) (e-ISSN: 2527-7634) is published by Natural Science Education Study Program, University of Trunojoyo Madura as a medium to improve the creativity of lecturer, academics, practitioners, researchers, relating to the science education and science. The journal is ...