JEPA (Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis)
Vol. 8 No. 1 (2024)

Efisiensi Pemasaran Monstera Marmorata Di Desa Cihideung Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung

Salsabila, Salsabila (Unknown)
Rosiana, Nia (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2024

Abstract

Desa Cihideung adalah salah satu wilayah di Kabupaten Bandung Barat yang menjadi sentra penghasil Monstera marmorata. Terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi oleh petani Monstera marmorata yaitu adanya fluktuasi pada hasil produksi, perbedaan harga jual yang ada di tingkat lembaga pemasaran, dan sulitnya pendistribusian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lembaga pemasaran, saluran pemasaran, fungsi pemasaran, serta efisiensi operasional pemasaran berdasarkan indikator majin pemasaran, farmer’s share, dan rasio keuntungan atas biaya. Metode yang digunakan untuk memilih petani responden adalah simple random sampling serta responden lembaga pemasaran berdasarkan snowball sampling. Saluran pemasaran V (petani–broker-konsumen) relatif efisien dibandingkan dengan saluran pemasaran lainnya dari indikator secara keseluruhan, karena memiliki nilai marjin pemasaran Rp455.000,00 dengan persentase farmer’s share 93,46, nilai rasio keuntungan atas biaya sebesar 2,50 dan saluran pemasaran V sudah melaksanakan fungsi pemasarannya secara lengkap ditingkat pedagang dan lembaga pemasaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jepa

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian secara reguler setiap tiga bulan sekali untuk tujuan mendeseminasikan hasil penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa, dosen, peneliti dan pengabdi. Topik keilmuan yang ...