PENA SAINS
Vol 3, No 1 (2016): JURNAL PENA SAINS

Identifikasi Miskonsepsi Siswa SDN Kemayoran I Bangkalan pada Konsep Cahaya Menggunakan CRI (Certainty Of Response Index)

Fatimatul Munawaroh (1Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura)
Muhammad Deny Falahi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada konsep cahaya serta mendeskripsikan profil miskonsepsi pada konsep cahaya. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskripstif. Subyek yang digunakan adalah siswa SDN Kemayoran I kelas 6 sebanyak 103 orang. Data diperoleh menggunakan tes pilihan ganda dengan alasan tertutup disertai Certainty of Response Index (CRI). Dari hasil analisis data diperoleh bahwa siswa masih banyak yang mengalami miskonsepsi pada konsep cahaya dengan rata-rata sebesar 40,20 %. Persentase tertinggi miskonsepsi terjadi pada soal mengenai proses terbentuknya warna pelangi yaitu sebesar 71,57%.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

penasains

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Mathematics Physics

Description

Jurnal Pena Sains (p-ISSN: 2407-2311) (e-ISSN: 2527-7634) is published by Natural Science Education Study Program, University of Trunojoyo Madura as a medium to improve the creativity of lecturer, academics, practitioners, researchers, relating to the science education and science. The journal is ...