PENA SAINS
Vol 3, No 2 (2016): JURNAL PENA SAINS

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII-D SMPN 2 KAMAL MATERI CAHAYA

hadiono - (SMP Negeri 2 Kamal)
Nuor Ainiy Hidayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2016

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pokok bahasan cahaya siswa kelas VIII-D SMPN 2 Kamal dengan penerapan model discovery learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 9,79% ditinjau dari hasil  pretest dan posttest yang diberikan untuk siklus I dan 11,79 %untuk siklus II. Sedangkan persentase motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran IPA sebesar 70% siklus I dan 77% siklus kedua yang mengindikasikan bahwa model Discovery Learning ini cocok atau layak untuk digunakan terhadap subyek penelitian tersebut. Dengan hasil yang dicapai tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran terjadi  peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar pada siswa kelas VIII D SMPN 2 Kamal dengan menggunakan penerapan discovery learning.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

penasains

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Mathematics Physics

Description

Jurnal Pena Sains (p-ISSN: 2407-2311) (e-ISSN: 2527-7634) is published by Natural Science Education Study Program, University of Trunojoyo Madura as a medium to improve the creativity of lecturer, academics, practitioners, researchers, relating to the science education and science. The journal is ...