Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran Biologi berbasis inkuiri yang layak untuk meningkatkan pemahaman siswa pada pokok bahasan Sistem Pencernaan. Tujuan tersebut dapat dicapai dengan mengembangkan perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP buku ajar siswa, LKS, lembar penilaian hasil belajar baik dari aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Kelayakan perangkat pembelajaran berdasarkan aspek validitas, keefektifan, dan kepraktisan. Deskripsi juga dilakukan untuk mengetahui keterlaksanaan RPP, aktivitas siswa, pemahaman konsep siswa, dan respon siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model pengembangan perangkat Dick dan Carey yang diujicobakan di kelas menggunakan One Group Pretest-Postest Design.Penelitian ini menggunakan sampel 25 siswa kelas XI IPA SMA Widya Darma. Hasil penelitian ini berupa perangkat pembelajaran pokok bahasan Sistem Pencernaan yang memiliki kategori sangat layak meliputi kelayakan silabus sebesar 98% dengan reliabilitas 86%, kelayakan RPP sebesar 88% dengan reliabilitas 79%, kelayakan LKS sebesar 89% dengan reliabilitas 77% dan kelayakan Buku Ajar Siswa sebesar 78% dengan reliabilitas 76%. Keterlaksanaan RPP mencapai 100% dengan reliabilitas 100%.Aktivitas siswa yang terbanyak yaitu merencanakan pengamatan, berkerja, dan melaksanakan pengamatan sebesar 41,76%, peningkatan pemahaman konsep siswa dari aspek pengetahuan dilihat dari hasil pretest dan posttest sebesar 96% dengan gain score ternormalisasi sebesar 0,73 dengan kategori tinggi, dari aspek keterampilan sebesar 92%, dan dari aspek sikap dengan predikat sangat baik. Perangkat pembelajaran berbasis inkuiri ini mendapatkan respon positif dari siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis inkuiri ini sangat layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan Sistem Pencernaan.
Copyrights © 2016