Penelitian tindak kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) pada materi Alat Optik studi kasus siswa kelas VIIIC SMPN 7 Bangkalan tahun ajaran 2015/2016. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, langkah-langkah pada setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC SMPN 7 Bangkalan yang berjumlah 23 siswa. Data peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dianalisis dengan menggunakan N-Gain skor.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIC SMPN 7 Bangkalan. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui dengan peningkatan hasil belajar siswa ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata pertemuan 1 pre-test = 42,82 dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 25 setelah pembelajaran nilai rata-rata post-test= 73,04 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 60, serta peningkatan rata-rata N-Gain skor kelas sebesar 0,59 dengan kategori sedang. Pada pertemuan 2 pre-test = 42,82 dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 25 setelah pembelajaran nilai rata-rata post-test= 71,95 dengan nilai tertinggi 96 dan nilai terendah 47, serta peningkatan rata-rata N-Gain skor kelas sebesar 0,51 dengan kategori sedang.
Copyrights © 2016