Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi

Pengaruh Marketing Mix dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Los Medellin Café)

Basri, Hasan (Unknown)
Latifah, Anis (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh marketing mix dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini dilakukan pada pelanggan Los Medellin Café di Jakarta dengan jumlah sampel 171 responden. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel Marketing Mix terhadap Kepuasan Pelanggan dengan nilai t hitung > t tabel sebesar 4,756 > 1,9742 dengan signifikasi < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan dengan nilai nilai t hitung > t tabel yaitu sebesar 7,572 > 1,9742 dengan signifikasi < 0,05 sebesar 0,000 < 0,05. Untuk Marketing Mix dan Kualitas Pelayanan secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, berdasarkan hasil uji F dengan nilai F hitung > F tabel yaitu 198,473 > 3,05 dan signifikasi < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil pengujian nilai Koefisien Determinasi (Adjuted R Square) di dapat hasil variabel bebas dalam penelitian ini Marketing Mix (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh sebesar 69,9 % terhadap varibel terikat yaitu Kepuasan Pelanggan (Y), dan 30,1 %, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain dan tidak termasuk dalm penelitian yang dilakukan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ileka

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Covering of original research on Economic Management and Accounting studies using an interdisciplinary ...