Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi

Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian (Studi kasus pada Market place Shoppe)

Noviaty, Evi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian produk melalui marketplace Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan dengan menyebarkan kuesioner atau form kepada 100 responden mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas MH. Thamrin pengguna aplikasi Shoppe. Metode penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan pendekatan purposive sampling dengan alat analisis menggunakan SPSS 25. Adapun, proses pengolahan data melalui: Uji Validitas, Uji Reliabilitias, Uji Asumsi Klasik, Uji Parsial t dan uji Simultan F, serta Uji Determinasi. Berdasarkan pada hasil analisis yang telah dilakukan dengan menggunakan program SPSS maka persamaan regresi yang terbentuk adalah: Keputusan Pembelian = 2,234 + 0,649 X1 + 0,309 X2 + e. Hasil pengujian hipotesis H1 diperoleh t hitung > t tabel yakni sebesar 9,798 > 1,984 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga, disimpulkan bahwa Online Customer Review berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian. Hasil pengujian hipotesis H2 diperoleh t hitung > t tabel yakni sebesar 4,627 > 1,984 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga, disimpulkan bahwa Online Customer Rating berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian. Hasil uji F simultan didapatkan nilai F hitung > F tabel yakni 204,627 > 3,94 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Online Costumer Rating dan Online Customer Rating secara bersama-sama terhadap Keputusan Pembelian. Hasil dari uji koefisien determinasi menunjukan bahwa variabel bebas dari penelitian mampu menjelaskan sebesar 80,4% terhadap keputusan pembelian, dan sebesar 19,6% dapat dijelaskan oleh beberapa faktor diluar dari model yang diteliti.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ileka

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Covering of original research on Economic Management and Accounting studies using an interdisciplinary ...