Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi
Vol. 4 No. 2 (2023): Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi

Keputusan Pembelian pada Fitur Tiktok Shop dengan Kepercayaan dan Kemudahan Penggunaan Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening

Fransisco, Sonny (Unknown)
Joesah, Nurzalinar (Unknown)
Latumahina, Jeffry (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keputusan pembelian pada fitur TikTok shop dengan fokus pada kepercayaan dan kemudahan penggunaan, serta mempertimbangkan kepuasan sebagai variabel intervensi. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan melalui survei terhadap 100 pelanggan toko TikTok. Analisis regresi digunakan untuk mengevaluasi hubungan antara variabel-variabel ini. Metodologi Partial Least Squares (PLS) dengan software smart PLS 3.0 merupakan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengevaluasi hipotesis. Analisis rute, yang merupakan perpanjangan dari analisis regresi, digunakan dalam penelitian ini untuk menguji tujuh hipotesis dan menilai hubungan antara variabel terikat dan bebas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan, sehingga hipotesis pertama diterima. Kemudahan berpengaruh terhadap keputusan pembelian sehingga hipotesis kedua diterima. Kepercayaan berpengaruh terhadap kepuasan, sehingga hipotesis ketiga diterima. Kepuasan berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sehingga hipotesis keempat diterima. Kepuasan berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sehingga hipotesis kelima diterima. Kepuasan berperan sebagai kontrol parsial dalam hubungan persepsi kepercayaan terhadap Keputusan pembelian. Hubungan antara kepercayaan dengan keputusan pembelian yang dimediasi oleh kepuasan dinyatakan signifikan. R-Square yang disesuaikan dengan keputusan sebesar 0,794, terlihat bahwa kepercayaan dan kemudahan pengunaan dapat memberikan kontribusi sebesar 79,4% terhadap variasi keputusan pembelian. Menurut R-Square yang disesuaikan untuk kepuasan sebesar 0,738, kepercayaan dan kemudahan penggunaan bersama-sama menyumbang 73,8% variasi kepuasan. Keputusan pembelian secara utuh dipengaruhi oleh variabel kepercayaan, kemudahan penggunaan dan kepuasan sebesar 83,17% dan sisanya oleh variabel lain di luar model penelitian.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ileka

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Covering of original research on Economic Management and Accounting studies using an interdisciplinary ...