Penelitian ini dilakukan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi Harga Saham. Objek Penelitian ini adalah PT Unilever Indonesia, Tbk dengan menggunakan Laporan Keuangan periode 2006-2013. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dan uji hipotesis menggunakan uji t untuk menguji koefisien regresi parsial dan uji F untuk menguji keberartian pengaruh secara bersama-sama dengan tingkat signifikansi 5%, dimana sebelumnya telah dilakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Net Profit Margin (NPM), Debt to Equity Ratio (DER) dan Earning Per Share (EPS) secara parsial berpengaruh positif terhadap Harga Saham. Sedangkan secara bersama-sama (simultan) Net Profit Margin (NPM), Debt to Equity Ratio (DER) dan Earning Per Share (EPS) memiliki pengaruh signifikan terhadap Harga Saham. Naik turunnya Net Profit Margin (NPM), Debt to Equity Ratio (DER) dan Earning Per Share (EPS) dapat mempengaruhi naik turunnya Harga Saham. Variabel Net Profit Margin (NPM), Debt to Equity Ratio (DER) dan Earning Per Share (EPS) mampu menjelaskan pengaruh terhadap variabel Harga Saham sebesar 74.25% sedangkan sisanya sebesar 25.75% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi ini.
Copyrights © 2022