PENA SAINS
Vol 2, No 2 (2015): JURNAL PENA SAINS

PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF DENGAN STRATEGI GUIDED LEARNING PADA MATERI SISTEM ENDOKRIN DI SMA NEGERI 1 MANYAR, GRESIK

Astri Eka Endarwati (MTs Terpadu Roudlotul Quran, Lamongan)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2015

Abstract

Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa kurang terlibat dalam Proses Belajar Mengajar. Atas dasar itu, dilakukan penelitian yang melibatkan keaktifan siswa dalam belajar melalui pembelajaran aktif dengan strategi pembelajaran terbimbing pada materi sistem endokrin. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada 4-D Models kemudian dilanjutkan penerapan dengan rancangan one shot case study yang bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan strategi pembelajaran terbimbing pada materi sistem endokrin di SMAN 1 Manyar, Gresik. Hasil penerapan yang dimaksud meliputi pengelolaan PBM, aktivitas siswa selama PBM, ketuntasan belajar siswa setalah PBM dan respon siswa terhadap PBM. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI IA 5, SMAN 1 Manyar, Gresik yang berjumlah 40 siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa proses pengelolaan PBM berkategori baik, siswa aktif, ketuntasan belajar klasikal untuk sekluruh indicator mencapai 85.71% dan respon siswa terhadap PBM berkategori positif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran terbimbing cocok diterapkan untuk mengajarkan materi sistem endokrin.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

penasains

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Mathematics Physics

Description

Jurnal Pena Sains (p-ISSN: 2407-2311) (e-ISSN: 2527-7634) is published by Natural Science Education Study Program, University of Trunojoyo Madura as a medium to improve the creativity of lecturer, academics, practitioners, researchers, relating to the science education and science. The journal is ...