Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan
Vol 11 No 1 (2024)

Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan Pada Anak Autis Spectrum Syndrom

Rodia, Rindri Suci (Unknown)
Mawardah, Mutia (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2024

Abstract

Masalah pada perkembangan kemampuan komunikasi sering dialami anak penderita autisme salah satunya adalah kemampuan menulis. Penelitiaian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media busy book terhadap peningkatan kemampuan menulis permulaan pada anak autis di SLB Bina Sejahtera Mandiri Lubuklinggau. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-eskperimental dengan one group pretest-posttest design. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak enam siswa autis. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan alat ukur berupa modifikasi tes asesmen kemampuan menulis permulaan dengan cara penilaian menggunakan skala likert. Teknik analisis data menggunakan paired sample t-testdengan bantuan program SPSS versi 20 for windows. Berdasarkan analisa data, diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media busy book yang signifikan terhadap kemampuan menulis permulaan anak autis di SLB Bina Sejahtera Mandiri Lubuklinggau.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ILMU-PSIKOLOGI

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Other

Description

Jurnal Psikologi ini dikelola oleh Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan dengan masa terbit satu kali dalam satu tahun. Jurnal Psikologi merupakan publikasi ilmiah yang terdiri dari kumpulan penelitian-penelitian di bidang Ilmu Psikologi yang mengacu pada tiga konsentrasi yaitu Psikologi ...