Asimetris: Pendidikan Matematika dan Sains
Vol. 5 No. 1 (2024): Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

Aksiologi Filsafat Matematika

Zulmaulida, Rahmy (Unknown)
Maulizar, Hera (Unknown)
Saputra, Edy (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi kontribusi aksiologi dalam konteks filsafat matematika dengan fokus pada dampaknya terhadap pendidikan matematika yang lebih etis dan efektif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan penelitian literatur. Penelitian ini menganalisis peran nilai-nilai etika dalam pengajaran matematika dan bagaimana pendidikan matematika dapat memperkaya pemahaman etika dan nilai-nilai matematika. Selain itu, penelitian ini juga mengulas dampak pemahaman tentang aksiologi pada persepsi masyarakat tentang matematika, dengan harapan meningkatkan kesadaran akan hubungan erat antara nilai-nilai dan etika dalam matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman aksiologi memberikan panduan berharga untuk pengembangan pendidikan matematika yang lebih etis dan efektif. Selain itu, pemahaman tentang aksiologi juga memengaruhi cara masyarakat melihat matematika, menciptakan kesadaran akan hubungan yang kuat antara nilai-nilai dan etika dalam disiplin ini. Hasil ini memiliki implikasi signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dengan memasukkan nilai-nilai etika dalam praktik matematika, sehingga menjembatani kesenjangan antara filsafat dan praktik matematika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

asm

Publisher

Subject

Chemistry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Mathematics Physics

Description

ASIMETRIS merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Pendidikan Matematika Universitas Almuslim, sebagai sarana publikasi dari hasil penelitian dosen, penelitian mahasiswa maupun kajian ilmiah yang memberi kontribusi pada pengembangan teori, serta aplikasinya terhadap Pendidikan ...